Cara Memperbanyak Asupan ASI Dalam Tubuh Ibu

Faktor utama dalam cara memperbanyak asupan asi yang terkandung dalam tubuh ibu adalah dengan mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi, mengandung protein dan kaya vitamin. Beberapa jenis makanan tersebut pertama adalah pepaya. Buah pepaya dinilai mengandung banyak air dan mengandung banyak vitamin C dan A yang sangat baik untuk menjaga daya imun tubuh seseorang. Sangat penting bagi ibu pula untuk memiliki daya imun yang tinggi sehingga tidak mudah terserang penyakit dan kualitas ASI merupakan kualitas yang sehat dan terbaik. Selain buah pepaya, daun dan bunga pepaya sering digunakan sebagai cara memperbanyak asi alami. Enzim yang terdapat dalam pepaya merupakan enzim papain yang berfungsi untuk membantu pencernaan protein dalam tubuh. Protein tinggi sangat dibutuhkan bagi ibu, sehingga konsumsi pepaya, daun dan bunganya akan membantu produksi ASI yang mencukupi. Bagi anda yang tidak suka memakan daun dan bunga pepaya karena rasa pahitnya, sebaiknya coba mengolahnya dengan menambahkan beberapa bumbu untuk menstimulasi selera makan anda.

Bayam adalah jenis sayuran lain yang juga dianjurkan untuk dikonsumsi ibu selama masa menyusui. Ada banyak olahan bayam untuk dapat dikonsumsi sebagai salah satu cara memperbanyak asupan asi dalam tubuh. Kandungan zat besi, vitamin A, C, E, dan K pada bayam sangat baik bagi ibu, serta beragam mineral akan mampu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh ibu saat menyusui. Makanan bergizi baik selanjutnya adalah wortel. Untuk dapat merasakan manfaat wortel secara maksimal, anda dapat mengolahnya sebagai jus dan meminumnya minimal 1 gelas sehari di sore hari. Kandungan vitamin A dan C dalam wortel memiliki fungsi dan manfaat hampir sama seperti bayam, sehingga anda dapat mengkonsumsi kedua sumber makanan ini secara bergantian.

Cara memperbanyak asupan asi paling efektif adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Sangat penting bagi ibu untuk mencegah terjadinya dehidrasi selama menyusui. Air putih merupakan cairan yang paling sehat untuk dikonsumsi, dan sebaiknya ibu menghindari beragam minuman berpemanis, minuman dalam kemasan, dan terutama alkohol. Apa yang dikonsumsi ibu juga akan dirasakan oleh bayi, sehingga kandungan gula yang terlalu banyak pada minuman dalam kemasan dapat menimbulkan kelebihan kandungan gula pada bayi yang dapat berakibat pada terjangkitnya diabetes dini yang tentu akan sangat berbahaya.